Wednesday, July 19, 2017

Masa Depan Yang Penuh Harapan (Part 1)


by Grace Suryani

"Percaya deh, Tuhan PASTI memberi masa depan yang penuh harapan!!" 
Itu firman Tuhan yang sering banget digembar-gemborkan, khususnya kepada generasi muda.

God wants you to do SOMETHING BIG FOR HIS KINGDOM!!!
God will use YOUR LIFE TO CHANGE THE WORLD!! 

dan semua kalimat keren lainnya. 

Well, itu ga salah. tapi kadang PERSEPSI kita ttg 'something big', 'change the world', masa depan penuh harapan yang SALAH. Ketika kita mendengar kalimat itu, kadang yang terpikir langsung, "WOW, gue mungkin akan dapet kerjaan di MNC yang bakal bikin gue bisa traveling around the world!!" Atau "WOW, mungkin Tuhan akan kasih gue beasiswa ke luar negeri!" Atau, “WOW, gue yakin gue akan bisa jadi orang paling hebat di bidang gue. Orang-orang akan datang berguru kepada gue.” Atau, “WOW, buku yang gue tulis akan jadi buku best seller mengalahkan Harry Potter!” Or all other glorious dreams... 

Mungkin BANGET. Bisakah Tuhan lakukan itu buat kita? BISA. I have no doubt. Alkitab penuh dengan orang-orang yang melakukan hal-hal besar, melakukan mujizat, membuat orang-orang terkagum-kagum. Tapi Alkitab juga penuh dengan orang-orang biasa, yang melakukan hal-hal biasa untuk Tuhan yang luar biasa. 

Ayat yang paling sering dikutip itu ayat ini, 

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." 
—Yeremia 29:10

Tapi mari kita liat untuk siapa dan dalam kondisi apa ayat ini ditulis.

Beginilah bunyi surat yang dikirim oleh nabi Yeremia dari Yerusalem kepada tua-tua di antara orang buangan, kepada imam-imam, kepada nabi-nabi dan kepada seluruh rakyat yang telah diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebukadnezar dari Yerusalem ke Babel. 
—Yeremia 29:1

Surat ini ditulis untuk orang-orang buangan di Babel. Surat ini ditujukan oleh bangsa Israel yang BARU SAJA dibuang ke Babel.

Lalu apa perintah Tuhan buat orang-orang buangan itu? Tabahkan hatimu, Aku akan membawa kamu keluar secepatnya?? Tabahkan hatimu, kamu akan melihat tangan Tuhan membalas dendam dan menghukum orang-orang kafir itu? Tabahkan hatimu, kamu akan melihat mujizat Tuhan yang luar biasa? Kamu akan kembali segera ke tanah Israel. Kamu akan menjadi kepala dan bukan ekor!!

Ini perintah Tuhan buat mereka,

“Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya; ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang! Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. Sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di tengah-tengahmu dan oleh juru-juru tenungmu, dan janganlah kamu dengarkan mimpi-mimpi yang mereka mimpikan! Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku. Aku tidak mengutus mereka, demikianlah firman TUHAN. 
—Yeremia 29:5-9

Dengan kata lainnya Tuhan tuh bilang begini, “Nak… Kamu itu bakal LUAMAAA banget di Babel. 70 tahun. Aku ga akan bawa keluar sebelum 70 tahun itu. So, daripada dengerin ocehan atau nubuat-nubuat palsu dari orang-orang yang bilang bahwa Tuhan akan menolongmu sebentar lagi, bahwa kamu ga akan lama di Babel, bahwa kamu akan kembali melihat kemuliaan Yerusalem, bahwa Israel akan berjaya lagiii, mendingan loe bangun rumah dah. Bikin kebun buat anak cucu loe, dan kawin lalu bikin anak sebanyak-banyaknya! Kerja yang bener, dan berdoalah buat entu orang-orang kapir. Oke? Jangan loe dengerin dah itu org-org yg pada ngomong yg bagus-bagus ttg loe ga bakal lama di Babel, loe akan liat mujizat, Tuhan akan membangun kembali Yerusalem. Iye, bakal Gue bangun tapi ntar ye, pokoknya loe 70 taon dulu di sini. Oke?” 

Barulah ayat 9 disambung dengan ayat yang suka dikutip karena bunyinya bagus banget.

To be continued.

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^